ASKEP TETANUS NEONATORUM PDF

ASKEP TETANUS NEONATORUM PDF

Descombey developed tetanus toxoid for active immunization used in WWII In developing countries, neonatal tetanus is a leading cause of neonatal . TOPIKAL ASI: MODEL ASUHAN KEPERAWATAN TALI PUSAT PADA BAYI . Risk Analyses Factor of Infant Mortality Caused by Tetanus Neonatorum in East. askep Glomerulonefritis akut (GNA)more. by Valerina asuhan keperawatan ensefalitismore. by Valerina askep tetanus neonatorummore.

Author: Digis Najind
Country: Suriname
Language: English (Spanish)
Genre: Business
Published (Last): 20 August 2009
Pages: 398
PDF File Size: 6.58 Mb
ePub File Size: 14.3 Mb
ISBN: 273-9-56165-881-2
Downloads: 97071
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Dailar

Cara perawatan tali pusat yang tidak benar ini akan meningkatkan lagi risiko terjadinya kejadian tetanus neonatorum.

Bentuk vegetatif ini menghasilkan dua jenis toksin, yaitu tetanolisin dan tetanospasmin.

Akper Harum | Academi –

Toksin masuk ke susunan saraf pusat SSP Toksin masuk kedalam SSP dengan penyebaran melalui serabut saraf, secara retrograd toksin mencapai SSP melalui sistem saraf motorik, sensorik dan autonom. Askep Tetanus sistem neurobehavior. Remember me Forgot password?

We share information about your activities on the site with our partners and Google partners: Hubungan antar bentuk manifestasi klinis dengan penyebaran toksin: Pada saat toksin masuk ke sumsum tulang belakang, kekakuan otot yang lebih berat dapat terjadi.

Refleks Primitif positif, kecuali refleks menghisap negatif. Pada sistem saraf otonom yang diserang neonaorum akan menyebabkan gangguan proses pernafasan, metabolisme, hemodinamika, hormonal, pencernaan, perkemihan, dan pergerakan otot.

Spora tumbuh menjadi bentuk vegetatif dalam suasana anaerobik. Bila pasien menjadi sepsis, pengobatan seperti pasien sepsis lainnya. Kadang dijumpai demam yang ringan dan biasanya pada stadium akhir. Pada pasien dengan hiperbilirubinemia berat atau bila makin berat, diazepam diberikan per oral dan setelah bilirubin turun boleh diberikan secara IV. Tetanus neonatorum merupakan penyebab tetanuz yang sering dijumpai pada bayi baru lahir yang bukan karena trauma kelahiran atau asfiksia, tetapi disebabkan oleh infeksi selama masa neonatal, yang antara lain terjadi sebagai akibat pemotongan tali pusat atau perawatan yang tidak aseptik.

tetanus neonatorum

Sebagian dari dosis tersebut diberikan secara infiltrasi di tempat sekitar luka. Dengan sasaran masyarakat khususnya ibu hamil, ibu yang memiliki bayi balita dan masyarakat. Dilakukan dengan pemberian informasi dan memberikan permahaman, selanjutnya dilakukan diskusi 2 arah mengenai kendala-kendala yang dihadapi dalam membentuk lingkungan yang sehat. Sebanyak dari negara berkembang telah mencapai keberhasilan tersebut.

  COSMOSWORKS 2005 PDF

Tetanus neonatorum a reviewFull description.

Peran serta keluarga dan masyarakat merupakan syarat mutlak bagi keberhasilan, kelangsungan dan kemandirian pembangunan kesehatan, terutama dalam hal ini mengenai pengobatan pasien dan pencegahan penyebaran penyakit tetanus neonatorum. Secara umum faktor-faktor risiko yang dipandang mempengaruhi kejadian dan kematian pada tetanus meonatorum adalah status imunisasi ibu dan higienitas yang kurang selama dan setelah persalinan. Otot-otot yang terkena adalah otot-otot yang dipersarafi oleh nukleus motorik dari batang otak dan medula spinalis servikalis.

Search ASKEP Tetanus docx –

Bila pasien menjadi sepsis, pengobatan seperti pasien sepsis linnya. Luka yang dalam dan kotor 3.

Kekakuan tonus otot ini selalu nampak pada otot masester dan otot rangka. Kemudian bergerak melalui sistem transpor aksonal retrograd melalui sel-sel neuron hingga ke medula spinalis dan batang otak, seterusnya menyebabkan gangguan sistim saraf pusat SSP dan sistim saraf perifer.

Oleh karena itu penulis berdoa mudah-mudahan segala bantuan yang telah diberikan selama ini akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Mekanisme kerja toksin tetanus: Setelah terjadi tetanus lokal, toksin disekitar luka masuk cukup banyak dengan cara asenderen masuk ke dalam SSP.

Neonatus adalah bayi baru lahir yang berusia di bawah 28 hari.

Jenis toksin Clostridium tetani menghasilkan tetanolisin dan tetanospsmin. Kekakuan pada otot dinding perut menyebabkan dinding perut teraba seperti papan. Tetanus umum Pada keadaan ini toksin melalui peredaran darah masuk ke dalam berbagai otot dan kemudian masuk ke dalam SSP. Faktor Kekebalan Ibu Hamil Ibu hamil yang mempunyai faktor kekebalan terhadap tetanus dapat membantu mencegah kejadian tetanus neonatorum pada bayi baru lahir.

Efek tetanospamin dapat menyebabkan gangguan denyut jantung seperti kadar denyut jantung menurun bradikardiaatau kadar denyut jantung meningkat takikardia.

SITE To ensure the functioning of the site, we use cookies. Kemudian timbul kesukaran membuka mulut trismus karena spsme otot massater. Bila pungsi lumbal tidak dapat dilakukan pengobatan seperti yang diberikan pada beonatorum meningitis bakterialis.

  DEMOCRIPS AND REBLOODLICANS NO MORE GANGS IN GOVERNMENT PDF

Makalah Tetanus Full description.

Penyebaran melalui pembuluh darah merupakan cara yang penting sekalipun tidak menentukan beratnya penyakit. Masa inkubasi dan beratnya penyakit terutama ditentukan oleh kondisi luka. Terjadi kekakuan otot mimik neonatoum dimana dahi bayi kelihatan mengerut, mata bayi agak tertutup, dan sudut mulut bayi tertarik ke samping dan ke bawah. Tetanus Neonatorum Penanganan masalah: Ascending Tetanus Suatu bentuk penyakit tetanus yng pada awalnya berbentuk lokal biasanya mengenai tungkai dan kemudian menyebar mengenai seluruh tubuh.

Evaluasi Upaya yang dilakukan untuk menekan angka kesakitan dan kematian akibat tetanus neonatorum, yaitu melalui program pengawasan penderita, kontak dan lingkungan sekitar, antara lain: Faktor Cara Perawatan Tali Pusat Terdapat sebagian masyarakat di negara-negara berkembang masih menggunakan ramuan untuk menutup luka tali pusat seperti kunyit dan abu dapur. Tetanus dapat mengakibatkan kesulitan menetek dan menangis berlebihan disusul kesulitan menelan, kekakuan tubuh dan spasme.

Bila serangan kejang tonik sedang berlangsung serimng tampak risus sardonikus karena spsme otot muka dengan gambaran aksi tertarik ke atas, sudut mulut neoatorum ke luar dan ke bawah, bibir tertekan kuat pada gigi. Pada tetanus yang berat akan terjadi aaskep pernafasan akibat kekakuan yang terusmenerus dari otot laring yang bisa menimbulkan sesak nafas.

Gambar Patofisiologi Tetanus 2. Oktania Putri Kusnawan Anggota: Pada hari ini ibu mencium bau tidak enak pada tali pusat pasien, kemudian ibu membersihkan tali pusat pasien dengan lap yang dibasahi dengan air dari sumur. Toksin tidak masuk ke dalam susunan saraf pusat melalui peredaran darah karena sulit untuk menembus sawar otak.